komponen tv dan fungsinya

Posted by Andi Prasetyo on 07:41 PM, 31-Mar-12
yo yo siapa yang gak tau dengan yang namanya Tv? evil berarti harus pulang saja di zaman purba lol dan taukah nama komponen beserta fungsinya, berikut ini beberapa yang saya kutip dari http://couplies.mywapblog.com jadi simak za ya

Rangkaian Catu Daya (Power Supply)
Rangkaian berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi DC yang selanjutnya didistribusikan ke seluruh rangkaian.
Rangkaian catu daya dibatasi oleh garis putih pada PCB dan daerah di dalam kotak merah. Daerah di dalam garis putih adalah rangkaian input yang merupakan daerah tegangan tinggi (live area). Sementara itu, daerah di dalam kotak merah adalah output catu daya yang selanjutnya mendistribusikan tegangan DC ke seluruh rangkaian TV.
1.bmp
Rangkaian Penala (Tuner)
Rangkaian ini terdiri dari penguat frekuensi tinggi ( penguat HF ), pencampur (mixer), dan osilator lokal. Rangkaian penala berfungsi untuk menerima sinyal masuk (gelombang TV) dari antena dan mengubahnya menjadi sinyal frekuensi IF.
2.jpg
Rangkaian penguat IF (Intermediate Frequency)
Rangkaian ini berfungsi sebagai penguat sinyal hingga 1.000 kali. Sinyal output yang dihasilkan penala (tuner) merupakan sinyal yang lemah dan yang sangat tergantung pada pada sinyal pemancar, posisi penerima, dan bentang bentang alam. Rangkaian ini juga berguna untuk membuang gelombang lain yang tidak dibutuhkan dan meredam interferensi pelayanan gelombang pembawa suara yang mengganggu gambar.
Rangkaian Detektor Video
Rangkaian ini berfungsi sebagai pendeteksi sinyal video komposit yang keluar dari penguat IF gambar. Selain itu, rangkaian ini berfungsi pula sebagai peredam seluruh sinyal yang mengganggu karena apabila ada sinyal lain yang masuk akan mengakibatkan buruknya kualitas gambar. Salah satu sinyal yang di redam adalah sinyal suara.
Rangkaian Penguat Video
Rangkaian ini berfungsi sebagai penguat sinyal luminan yang berasal dari deteltor video sehingga dapat menjalankan layar kaca atau CRT (catode ray tube). Didalam rangkaian penguat video terdapat pula rangkaian ABL (automatic brightness level) atau pengatur kuat cahaya otomatis yang berfungsi untuk melindungi rangkaian tegangan tinggi dari tegangan muatan lebih yang disebabkan oleh kuat cahaya pada layar kaca.
Rangkaian AGC (Automatic Gain Control)
Rangkaian AGC berfungsi untuk mengatur penguatan input secara otomatis. Rangkaian ini akan menstabilkan sendiri input sinyal televisi yang berubah- ubah sehingga output yang dihasilkan menjadi konstan.
4.bmp
Rangkaian Defleksi Sinkronisasi
Rangkaian ini terdiri dari empat blok, yaitu rangkaian sinkronisasi, rangkaian defleksi vertikal, rangkaian defleksi horizontal, dan rangkaian pembangkit tegangan tinggi.
5.bmp
Rangkaian Audio
Suara yang kita dengar adalah hasil kerja dari rangkaian ini, sinyal pembawa IF suara akan dideteksi oleh modulator frekuensi (FM). Sebelumnya, sinyal ini dipisahkan dari sinyal pembawa gambar.
6.bmp
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

21 responses to "komponen tv dan fungsinya"

Aunul Rafik on 07:51 PM, 31-Mar-12

puyeng liat ny sob nyimak aja kalo ada waktu kUnbal yoo
............/--)
........./...../
......./.....(__ ____
▓▓..........((_ i___)
▓▓..........((_ i___)
▓▓..........((_ i___)
http://symbianerscilik.mywapblog.com
My FB : aunulrafieq96@yahoo.com
Twitter :@rapik_

Anggite on 08:34 PM, 31-Mar-12

puyeng liatnya kang, bnyk bngt teksnya....

Komentar dulu baru mbaca

Joe Rizky on 08:38 PM, 31-Mar-12

gambar nya rumit banget ya...

Alank on 09:04 PM, 31-Mar-12

gak ngerti elektronik. . Nyimak z.. Jangan lupa kunbal'y

♀☆the_ayexs_cool☆♂ on 11:29 PM, 31-Mar-12

Nyimak dulu ganbiggrin artikel yg bagus

尺人ㄅ|ㄒㄚ人※ ㄈ王ㄅ人尺王之ㄒ on 12:10 AM, 01-Apr-12

newbie ijin nyimak..folback...

And ajarin bikin css kalo boleh..smile

Rz-Movies on 01:26 AM, 01-Apr-12

ane ngliatnya ampe puyeng , hebat bner ane salut ama c'penemu nya pnya kmampuan yg bner" luar biasa . .

Andrianto on 06:12 AM, 02-Apr-12

ngk bakat elektro sob.. Nyimak wae yo.. smile

Jalyan_zhula™ on 09:06 AM, 02-Apr-12

Mantap

John Arief on 02:45 PM, 02-Apr-12

nyimak bro

❖ aBhiel✥7412 ❖ on 11:26 PM, 05-Apr-12

mantap ilmunya sob.

Gaara on 04:32 AM, 06-Apr-12

keren nih, stiap orng psti pnya tV

bagasbr on 05:51 PM, 06-Apr-12

bagasbr dtg berkunjung masta biggrin mf telat

Nofrianto on 08:44 AM, 18-Dec-12

Mantap bro . . .

Agus munir on 09:54 PM, 15-Jan-13

Itu bukan komponen tv sob, tapi itu bagian-bagian tv, jangan salah!

Salam anak Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Demak

Ditunggu kunbalnya

http://agusmunir.mywapblog.com/

Andi Symbianscommunity Prasetyo on 12:10 AM, 16-Jan-13

@Agus munir,
betul betul itu gan ane salah tulis....

Menk on 03:36 PM, 16-Jan-13

bgus bgt pnjelasannya...v msh blm ngrti nich...apa mw kursus dlu yach

hendy ramdani on 08:57 PM, 18-Jan-13

bingung eng msi gk kebayang

wahhyyu on 12:17 PM, 18-Jun-13

Bang Klo (IC) yg mna yaa .. ??

atau TV nyala tapi layar gelap total !! seperti gx di pasang busster gimna ya ngebenerin nya ?

Andi Prasetyo on 07:17 PM, 20-Jun-13

@wahhyyu,
waduh saya ndak mudeng /gak ngerti

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images